Monday, June 3, 2013

Bajaj tenaga listrik di jepang

bajaj
Kalian pasti tahu si kendaraan roda tiga yang ramai di jakarta yang biasa kita kenal dengan sebutan "Bajaj", Tapi bajaj juga dipakai sebagai angkutan umum di Jepang. Kini angkutan umum roda tiga itu kembali lagi, tetapi pastinya tidak kotor lagi seperti dulu. Bajaj di Jepang dipastikan lebih bersih dan lebih ramah lingkungan karena menggunakan energi listrik.

Kendaraan roda tiga listrik telah diperkenalkan kepada publik di Jepang pada 16 April 2013 kemarin. Angkutan umum dibuat perusahaan ElecTrike Jepang yang berbasis di Kawasaki City, Kanagawa Jepang.

Presiden ElecTrike Noboru Matsunami menyatakan bahwa dirinya sangat antusias dalam proyek kali ini.

"Banyak yang mengatakan kendaraan roda tiga sangat berbahaya, tapi kami memulai proyek ini dengan harapan bisa menyampaikan kepada orang-orang tentang efektivitas mereka dalam mengurangi emisi CO2," kata Matsunami seperti dikutip Detik.

Tentu hal ini menjadi pandangan yang berbeda untuk Bajai di luar Jepang, mengingat terlalu banyak polusi yang dilahirkan sebuah Bajai. Termasuk bajai yang ada di Indonesia maupun di India bukan?

Selanjutnya bajai listrik ala Jepang yang satu ini bisa dipastikan akan menjadi kendaraan listrik yang aman untuk dikendarai.

Selain memiliki motor listrik, Bajai listrik ini telah mengaktifkan sistem stabilitas saat menikung. Dimana bajai listrik ini bisa mengendalikan setiap roda belakang secara terpisah dengan menggunakan motor independen.

"Telah ada seruan untuk mengurangi emisi CO2 di seluruh dunia, tapi kami merasa bahwa tidak ada sebuah kendaraan listrik di luar sana yang memiliki biaya yang sesuai (murah). Bajai ini akan lebih efisien daripada kendaraan lsitrik lainnya, jadi kami berharap dengan lahirnya bajai listik ini kita akan dapat membantu mempercepat kemajuan dalam mengurangi emisi CO2," ujar Matsunami.

Mengenai ekspansi di masa datang, Matsunami mengatakan di tahun mendatang kendaraan ini akan aktif digunakan.

"Karena kami ingin membuktikan bahwa jika harga bensin mencapai lebih dari 170 yen, biaya operasional Bajaj, termasuk mengganti baterai setelah 4 tahun akan lebih murah dari Bajaj bermesin bensin. Kami juga merencanakan untuk menawarkan teknologi listrik kami kepada Bajaj Auto di India," ucapnya.

Bajai listrik di Jepang ini pun direncanakan akan dijual untuk bisnis yang dibanderol mencapai 2 juta yen, dengan target penjualan hingga 10 unit di 2013 dan 100 unit di 2014.

Namun di 2015 perusahaan-perusahaan kendaraan listrik di Jepang ini berencana untuk menurunkan harga hingga 1 juta yen agar bisa dinikmati masyarakat umum.

Artikel Terkait:

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n: :o: :p: :q: :r: :s: :t: :u: :v: :w: :x: :y: :z:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More